Pengantar Telematika

    Author: refki Genre:
    Rating

    Tugas 1 Pengantar Telematika

    Faktor - faktor yang mempengaruhi layanan telematika dapat dengan mudah diakses diantaranya adalah :
    a.    Jaringan Internet Wireless Gratis
    Jaringan internet wirelless yang mudah di akses, seperti di kampus, Tempat Makan, Indomart, Alfamart yang disediakan gratis kepada para mahasiswa/pembeli, membuat mereka dengan mudah dapat terkoneksi ke internet dan bisa menikmati berbagai layanan yang ada di internet

    b.    Paket Internet Murah
    Dengan adanya paket internet murah yang di sediakan provider, akan semakin banyak user yang membeli packet tersebut. Dan mereka dengan mudah bisa menikmati layanan yang ada di internet

    c.     Media Social
    Media sosial merupakan salah satu yang paling banyak di gunakan oleh user, karena sangat simple untuk digunakan dan mempunyai daya tarik tersendiri sehingga banyak user yang menggunakan media sosial tersebut untuk berkomunikasi satu sama lain.

    Peranan telematika diberbagai bidang, dan contohnya adalah

    Peranan telematika disaat sekarang ini sangat membantu dalam menunjang di berbagai bidang, dikarenakan sifatnya yang mudah dan cepat diakses menjadi suatu kebutuhan dan tanpa harus pergi ketempat tujuan, contoh: Video Conference, Tele Conference.
    Contoh layanan telematika pada bidang pendidikan :
    - V-Class
    - E-Library
    - E-Learing


    Hal hal yang harus diperhatikan untuk mengurangi dampak negatif dari telematika :
    1. Keamanan (security), dengan memiliki keamanan yang kuat, tentunya dapat mengurangi dampak buruk dari penggunaan telematika. Hal-hal yang masuk kedalam aspek keamanan seperti privasi, integritas data, serta keaslian data.

    2. User Filtering, dengan adanya user filtering, tentunya dapat mengurangi akses dari pengguna yang tidak memiliki kepentingan/tidak tepat sasaran.

    3. Pengawasan langsung, bagi orang-tua untuk selalu memberikan pengertian dan pengawasan bagi anak-anaknya untuk selalu berhati-hati dan memilah-milah dalam mengakses layanan-layanan telematika.

    4. Pengawasan dari pemerintah, tentunya dibutuhkan usaha dari pemerintah untuk mengawasi dan meregulasi aturan bagi layanan-layanan telematika di Indonesia agar tidak melanggar jalur di luar yang ditentukan.

          Fungsi dari telematika adalah

    1.       Penyampai informasi.
     Telematika digunakan sebagai penyampai informasi agar orang yang melakukan Komunikasi menjadi lebih berpengetahuan dari sebelumnya. Bertambahnya pengetahuan manusia akan meningkatan keterampilan hidup, menambah kecerdasan, meningkatkan kesadaran dan wawasan.
    2.       Sarana Kontak  Sosial Hidup Bermasyarakat.
    Interaksi sosial menimbulkan kebersamaan; keakraban, dan kesatuan yang akan melahirkan kerjasama. Telematika menjadi penghubung diantara peserta kerjasama tersebut, walaupun mereka tersebar dimana-mana. Telematika menjembatani proses interaksi sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan.




    Leave a Reply