Tugas 1 Pengantar Telematika
Faktor - faktor yang mempengaruhi layanan telematika dapat dengan
mudah diakses diantaranya adalah :
a. Jaringan Internet
Wireless Gratis
Jaringan internet wirelless yang mudah di akses, seperti di
kampus, Tempat Makan, Indomart, Alfamart yang disediakan gratis kepada para
mahasiswa/pembeli, membuat mereka dengan mudah dapat terkoneksi ke internet dan
bisa menikmati berbagai layanan yang ada di internet
b. Paket Internet
Murah
Dengan adanya paket internet murah yang di sediakan
provider, akan semakin banyak user yang membeli packet tersebut. Dan mereka
dengan mudah bisa menikmati layanan yang ada di internet
c. Media Social
Media sosial merupakan salah satu yang paling banyak di
gunakan oleh user, karena sangat simple untuk digunakan dan mempunyai daya
tarik tersendiri sehingga banyak user yang menggunakan media sosial tersebut
untuk berkomunikasi satu sama lain.
Peranan telematika diberbagai bidang, dan contohnya adalah
Peranan telematika disaat sekarang ini sangat
membantu dalam menunjang di berbagai bidang, dikarenakan sifatnya yang mudah
dan cepat diakses menjadi suatu kebutuhan dan tanpa harus pergi ketempat
tujuan, contoh: Video Conference, Tele Conference.
Contoh layanan telematika pada bidang pendidikan
:
- V-Class
- E-Library
- E-Learing
Hal hal yang harus diperhatikan untuk mengurangi dampak negatif
dari telematika :
1.
Keamanan (security), dengan memiliki keamanan yang kuat, tentunya dapat
mengurangi dampak buruk dari penggunaan telematika. Hal-hal yang masuk kedalam
aspek keamanan seperti privasi, integritas data, serta keaslian data.
2.
User Filtering, dengan adanya user filtering, tentunya dapat mengurangi akses
dari pengguna yang tidak memiliki kepentingan/tidak tepat sasaran.
3. Pengawasan
langsung, bagi orang-tua untuk selalu memberikan pengertian dan pengawasan bagi
anak-anaknya untuk selalu berhati-hati dan memilah-milah dalam mengakses
layanan-layanan telematika.
4.
Pengawasan dari pemerintah, tentunya dibutuhkan usaha dari pemerintah untuk
mengawasi dan meregulasi aturan bagi layanan-layanan telematika di Indonesia
agar tidak melanggar jalur di luar yang ditentukan.
Fungsi dari telematika adalah
1. Penyampai
informasi.
Telematika digunakan sebagai penyampai
informasi agar orang yang melakukan Komunikasi menjadi lebih berpengetahuan
dari sebelumnya. Bertambahnya pengetahuan manusia akan meningkatan keterampilan
hidup, menambah kecerdasan, meningkatkan kesadaran dan wawasan.
2. Sarana Kontak Sosial Hidup Bermasyarakat.
Interaksi
sosial menimbulkan kebersamaan; keakraban, dan kesatuan yang akan melahirkan
kerjasama. Telematika menjadi penghubung diantara peserta kerjasama tersebut,
walaupun mereka tersebar dimana-mana. Telematika menjembatani proses interaksi
sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah
dibanding hasil perseorangan.