Tugas 2 - Pengantar Telematika

    Author: refki Genre:
    Rating

    1.   
    1
    1  1. Apa manfaat dan dampak negatif dari jaringan komputer sebagai media untuk mengakses layanan  telematika, jelaskan!

    a.   Menyediakan kemudahan untuk mengakses layanan  telematika,
    b.   Menyediakan  banyak pilihan sarana telekomunikasi,
    c.   Memudahkan dalam  berkomunikasi  misalnya  menggunakan fasilitas email atau realtime chatting. Tanpa harus bertatap muka, tetap dapat berkomunikasi. Contoh lainnya yaitu ketika rapat antar kota / provinsi dapat menggunakan video conference menggunakan  jaringan komputer,
    d.   Memudahkan para pengusaha kecil, menengah ataupun besar dalam  memasarkan  produknya sehingga dapat meningkatkan daya saing penjualan dan memajukan usaha,
    e.   Menghemat biaya transportasi karena kita cukup menyiapkan jaringan komputer dalam mengakses layanan telematika,
    f.    Karena adanya jaringan komputer / internet, akan mempercepat  penyelesaian  pekerjaan dan  mempercepat proses komunikasi,
    g.    Adanya jaringan komputer akan memudahkan  proses sharing / berbagi data dan  informasi.

    2.    2.  Berikan  contoh  aplikasi-aplikasi  apa  saja  yang  berkembang  yang  memanfaatkan jaringan  komputer  khususnya  internet dalam  telematika!

    e-learning: menyediakan  informasi  yang  digunakan  dalam  pembelajaran suatu  materi. Setiap mahasiswa diberi  kemudahan  dalam  mengikuti  perkuliahan  jarak  jauh  mata  kuliah  tertentu tanpa harus on-site di kampus.
    v-class: virtual class atau sebagai pengganti jam kuliah yang dilakukan dengan hanya melalui komputer. Sharing informasi materi kuliah dengan memberikan materi, kuis, dan analisa.
    e-commerce : aplikasi yang digunakan untuk memberikan kemudahan dalam berdagang. Disini terdapat iklan, promo, barang yang dijual, informasi harga, dan dapat melakukan transaksional secara aturan yang diterapkan..

    3. Factor apa saja yang mendasari perkembangan telematika di Indonesia semakin meningkat, sebutkan dan jelaskan !

    Jawab :

    Faktor perkembangan telematika
    -  Faktor  Pendidikan :
    Merupakan factor yang sangat pokok dalam mendasari perkembangan telematika, karena dengan berkembangnya pendidikan suatu Negara, maka masyarakat akan di tuntut untuk melakukan perkembangan dalam segala bidang, termasuk telematika.
    -  Faktor Kebutuhan Masyarakat
    Masyarakat yang terus meningkat kebutuhannya menjadi salah satu factor yang mendasari perkembangan telematika. Pada dasarnya, kebutuhan masyarakat merupaka hal yang terpenting yang harus di penuhi demi terjalinya perkembangan suatu Negara.
    -  Faktor Perekonomian
    Perekonomian suatu Negara juga menjadi factor yng penting, karena dengan berkembangnya suatu perekonomian Negara maka tingkat perdagangan lewat jaringan computer dapat menjadi penentu kesuksesannya.
    3.       


     sumber : 
    - google.com
    - wikipedia.com
    - all link connected

    Leave a Reply